Tuesday, August 16, 2005

kt0804 Kitab KEBIJAKSANAAN

Kamis: K E B I J A K S A N A A N

Kitab ini ditulis, ketika bangsa Israel tergoda untuk mengikuti kebudayaan modern (kebudayaan Yunani), yakni mencintai kebijaksa­naan, namun dengan meninggalkan kebijaksanaan Allah yang telah diwariskan melalui nenek moyang bangsa Israel. Mereka yang tergo­da seolah menganggap bahwa kebijaksanaan nenek moyang yang dipe­roleh dari Allah itu sudah kuno, usang, tidak terpakai lagi. Maka, kitab ini menggali keluhuran hikmat kebijaksanaan Israel.

Bagian pertama kitab ini (bab 1-5) berisikan _________________________________________________ (1). Ditegaskan bahwa orang benar yang dikejar dan dianiaya di dunia ini mendapat hidup baka dan bahagia pada sisi Tuhan, sebaliknya orang fasik mendapat hukuman yang setimpal di alam baka.

Bagian ke dua kitab ini (bab 6-9) yang berisikan ____ __________________________________________ (2) menggambarkan keluhuran kebijaksanaan yang berasal dari Allah.

Akhirnya, bagian ke tiga kitab ini (bab 10-19) yang berisikan __________________________ (3) menyingkap kembali dan merenungkan kebijaksanaan Allah yang dianugerahkan sepanjang perjalanan hidup iman bangsa Israel.

BACALAH KEBIJAKSANAAN 7:28:

Hafalkanlah kalimat itu. Apakah menurut anda kalimat itu benar? Mengapa?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home