Saturday, July 23, 2005

kt1204 Kitab WAHYU

Kamis: WAHYU

Kitab Suci diawali dengan kisah penciptaan dunia dalam kitab kejadian. Kitab Suci diakhiri dengan kitab Wahyu yang merenungkan peristiwa sejaman sebagai tanda bagi masa yang akan datang. Maka, lengkaplah sejarah keselamatan manusia sejak awal sampai kekal.

Kitab Wahyu memang agak istimewa. Kitab ini memakai gaya apoka­liptik yang banyak menggunakan lambang-lambang, tanda-tanda, dan penglihatan-penglihatan. Maka, kita membaca adanya penglihatan yang pesannya disampaikan kepada Why 1:4-8 jemaat _______________ (1).

Mengenai kitab yang dimeterai, setelah keenam meterai pertama dibuka, ditunjukkan siapa saja yang dimeteraikan. Sesudah Anak Domba membuka meterai yang ketujuh maka terjadilah 8:1 ____________________________ (2). Kemudian sesudah sangkakala keenam (9:13-21), terjadilah 10:1-11 ________________________________ (3). Setelah sangkakala ketujuh disampaikanlah 11:15-19 ______________________________________________ (4). Dalam hubungan dengan masa depan disampai­kan tentang 15:5-8 ___________________________________ (5), dan 16:1-21 ______________________________________________________________________________ (6). (Ingatlah bahwa angka tujuh melambangkan angka yang sempurna, angka enam melambangkan angka yang hampir sempurna. Dan itulah dasar untuk menafsirkan ungkapan-ungkapan di atas.

Memang umat yang dituju oleh kitab Wahyu adalah umat yang sedang sengsara karena penganiayaan. Maka tidak mengherankan kalau ada ungkapan-ungkapan yang mengerikan, menakutkan. Bahkan ada nada pesimis. Namun, sebenarnya kitab ini mau menyampaikan pengharapan yang besar. Dalam menanti 22:6-17 ________________ (7), diwartakan (15:1-4; 12:10-12) ____________ (8) dan disampaikan pengharapan akan 21:1-8 ______________ (9). Kitab ini diakhiri pada bab ____________ (10).

BACALAH WAHYU 22:18-21:

Mana yang mengesan bagi anda?

----------------------------------------------------------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home